Friday, March 14, 2014

Acer Liquid E2, Smartphone High End Harga Mid End

By Red Boots

BAGI yang tak tergiur dengan 'smooth'nya kulit aneka series iPhone ataupun stylish-nya desain desain keluaran Oppo maupun Xperia yang cenderung menerpa pasar high end, maka produk besutan Acer satu ini sungguh bisa diandalkan. Menempatkan diri dalam jajaran smartphone mid end, Acer Liquid E2 bukan sekedar smartphone tetapi juga 'a good buddy'. Kehandalan fitur-fiturnya menjadikan Acer tipe V230 ini sebagai smartphone high end dengan harga mid end.


Dengan merogoh dompet hanya sekitar Rp 2.200.000 saja,  kita sudah bisa menikmati smartphone high end yang oleh merk lain dijual Rp 5 jutaan - up. Dibekali kamera 8 MP - setara dengan iPhone 5 series, membuat handphone satu ini sangat asyik untuk selfie-an. Hasil jepretannya sangat tajam, detail dan natural. Tak perlu sentuhan Camera360 atau PicArt jika ingin mengupload langsung ke Facebook ataupun jejaring sosial lainnya karena baik komposisi maupun saturasi warna sudah sangat seperti objek aslinya.


Display SMS
Desainnya sangat tangguh. Sudutnya dibuat melentur sehingga kalaupun terjatuh takkan membentur sudut-sudutnya yang menumpul. Paduan bahan aluminium dan plastik yang lembut sebagai pembungkus body-nya, membuat smartphone yang tersedia dalam warna Hitam dan Putih inipun terasa nyaman dalam genggaman tanpa membuatnya terlihat kotor walaupun seluruh waktu dalam sentuhan dan genggaman. Sementara prosesornya yang merupakan Quad Core Cortex A7 dan gabungan mediatek 6589 dengan kecepatan 1.2 GHz - yang bahkan iPhone 5 pun masih berprosesor Dual Core, menjanjikan aktifitas berselancar yang cepat layaknya di laptop berprosesor premium. Mendownload aplikasi secepat berkirim pesan di WhatsApp. Sangat responsif dan menyenangkan. 

Tampilannya di menu SMS, sangat menarik dan keren, lebih keren dari layout WhatsApp sekalipun. Apalagi karena layanan MMS bisa diset up secara otomatis sehingga ruang display SMS layaknya ruang messenger yang sangat canggih. Khusus di Acer Liquid E2 ini, saya pribadi lebih suka berSMS daripada ber-WhatsApp.


Aplikasi Polaris Office Buat Kerja
Layar touchscreennya yang selebar 4.5 inchi dengan dukungan layar IPS LCD menambah tingkat kenyamanan pemakainya saat memandangi hasil jepretan kameranya yang tajam dan cerah sebagaimana layar IPS (In Plane Switching) ini cocok buat kualitas fotografi. Hal lain yang juga bisa dibanggakan dari vendor Taiwan ini, untuk urusan perkantoran semisal menulis dan mengedit dokumen, Acer Liquid sudah menyertakan pula Polaris Office yang kinerjanya memang layak diacungi jempol. Membuka dan mengedit format pdf sangat mudah dan cepat walaupun kapasitas filenya ratusan megabyte. Sangat 'wow' memang.

Sejujurnya secara keseluruhan, Acer Liquid E2 memang sangat handal dan menakjubkan. Tetapi sebagai user-nya, saya menemukan 'beberapa kelemahan' yang agak disayangkan. Antara lain :

~ Foto kontak tidak bisa diset-up langsung di menu Kontak tetapi harus dari Gallery foto.
~ Ringtones hanya bisa set-up dari daftar library dan tak bisa set up dengan lagu favorit sendiri dari file Music.

Tetapi, dibandingkan dengan segudang kemumpunannya, tentu saja kelemahan yang saya sebutkan itu hampir tak berarti.


SPESIFIKASI :
Network :
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
HSDPA all Versions
Layar :
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
540 x 960 Pixels, 4.5 " multitouch

Audio :
Vibration, MP3 WAV ringtones
Jack : 3.5 mm jack Audio - Dolby Mobile
Speakerphone : Ya
Memory Internal : 4 GB, 1 GB RAM
External : microSD, up to 32 GB

Data :
3G : HSDPA, HSUPA
EDGE : Ya
GPRS : Ya
WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi hotspot
USB Port : microUSB v2.0
Bluetooth :
V3.0 With A2DP, EDR

Kamera :
Primer : 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED Flash
Fitur Geo-tagging
Sekunder : 2MP
Video Record

Operating System :
Android OS, V4.2.1 (Jelly Bean)
CPU : Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
PowerVR SGX 544MP
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass
proximity, compass
Browser : HTML, Adobe Flash
GPS : Ya, With A-GPS support
Messaging : SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email
Java : Via Java MIDP emulator

Fitur Tambahan :
FM Radio
Voice Recording
SNS Integration
Color : Black and White
Active Noise cancellation with dedicated mic
Google Seacrh, Maps, Gmail, Youtube, Google Talk
Picasa, Organizer, Document Viewer
Voice memo/dial/commands
Predictive text input(Swype)

Fitur Lain :
Multiple SIM : Optional Dual SIM, 3G
Video Player : MP4/H.264/H.263 player
MP3 Player : MP3/WMA/WAV/eAAC+ player
Baterai Tipe : Li-Ion 2000mAh Battery

Harga : Rp 2.200.000,-