Tuesday, April 8, 2014

Misteri Dan Histori Kebun Raya Bogor

By Red Boots

KEBUN Raya Bogor  atau KRB merupakan situs yang sangat istimewa, bukan saja buat Bogor, tetapi juga buat Indonesia, bahkan buat dunia. Kebun ini bukan sekedar kebun, tetapi taman yang sangat luas, indah dan bersejarah. Di dalamnya, ada hutan lebat yang terpelihara dan memiliki sekitar 15.000 jenis tanaman atau pepohonan langka. Bahkan Bunga Bangkai atau Raflesia yang sangat langka itu pun, ada di KRB. 

Hal istimewa lainnya adalah, di KRB ini pula berdiri megah Istana Kepresidenan. Zaman Bung Karno dulu, istana ini adalah salah satu tempat favoritnya. Hampir setiap minggu beliau di sana, bukan di dalam istananya, tetapi di sebuah petilasan yang kelak menjadi petilasannya pula.

Selain pesona botani yang secara umum merupakan sasaran kunjungan para wisatawan yang datang ke sana, kebun seluas 87 hektar ini ternyata memiliki taman-taman rahasia. Salah satunya adalah Taman Bhineka. Di Taman Bhineka ini ada sebuah taman bunga warna-warni yang bentuknya menyerupai burung Garuda Pancasila. Tetapi belum banyak wisatawan yang mengetahui hal ini. Umumnya mereka sudah cukup terpesona dengan pemandangan indah sekitar istana yang dikelilingi kolam berTeratai di depannya. 

Selain Taman Bhineka yang tersembunyi itu, ada pula satu situs yang sesungguhnya ramai dikunjungi orang namun letak dan tempatnya justeru tak tercantum dalam peta lokasi Kebun Raya Bogor. Itu adalah situs pusaranya Ratu Galuh Mangku Alam. Beliau adalah permaisuri Raja Padjadjaran Baginda Prabu Siliwangi. Letak situs ini berdekatan dengan Jembatan Merah.